Bupati Ngawi Budayakan Bahasa Jawa

di %s Berita 1,040 views
Banner

Kepemimpinan era Bupati dan Wakil Bupati Ngawi Ir Budi Sulistyono dan Ony Anwar ternyata tidak main-main dalam mengembagkan perkembangan Kabupaten Ngawi mulai dari kinerja beberapa pejabat di teras Pemkab Ngawi tapi juga melakukan terobsan baru dengan menambahkan kurikulum di dinas pendidikan Kabupaten Ngawi dengan menambah pelajar bahasa daerah pada setiap jumat dan wajib dilaksanakan.

Penambahan kurikulum bahasa daerah tersbeut tidak hanya sebgai simbolis bagi masyarakat Ngawi, tapi juga sebagai bahasa yang sangat penting bagi masyarakat Ngawi yang mayoritas sebagai masyarakat jawa.

Dan tidak berhenti begitu saja penambahan kurikulum bahasa jawa di tingkat sekolah namun juga bahasa daerah jawa juga di lakukan di berbagai instansi di pemerintah Kabupaten Ngawi, agar setiap jumat selalu menggunakan percakapan bahasa daerah jawa, sebagai bentuk kepedulian dan mengenal sejarah jawa.

Menurut Bupati Ngawi Ir Budi sulistyono saat ditemui di kediamannya oleh wartawan mengatakan, bahwa,” Pihaknya menerapkan aturan kebijakan seperti ini, agar masyarakat Ngawi, mulai dari pejabat, pelajar maupun masyarakat luas bisa lebih memahami dan mengerti tradisi budaya jawa yang lamban laun mulai sirna,”Ujarnya (05/01/11).

Budi menambahkan bahwa,”Pemahaman bahsa daerah jawa sangat penting dalam peranan apapun serta juga melestarikannya, dan memahami sejarah jawa’ Tambahnya.

Sementara, Ketua permadani Kabupaten Ngawi selaku kelompok kebudayaan jawa di Ngawi RT Gito Nagoro, Ssos, saat ditemui mengatakan,” Pihaknya sangat bangga dengan kebijakan bupati Ngawi menerapkan dan melakukan bahasa daerah jawa pada setiap hari juma’at di masyarakat Ngawi, jelas sebagai bentuk pelsetarian budaya,”Ungkapnya.(Pan)

Sebar dan Bagikan :

Shares