Deklarasi ODF Kecamatan Ngrambe

di %s Berita 478 views
Banner

_DSC0005 copyNgawi-Satu lagi kecamatan di Kabupaten Ngawi yang sukses melaksanakan Program ODF (Open Defecation Free=Bebas Buang Air di sebarang tempat). Ngrambe merupakan  kecamatan yang ke-2 setelah Kecamatan Pangkur yang terlebih dahulu sukses dengan program tersebut dan mendeklarasikan ODF beberapa waktu yang lalu.

Deklarasi ODF Masyarakat Ngrambe ini mendapat perhatian sungguh-sungguh dari Bupati Ngawi. Beliau Ir. H. Budi Sulistyono berkenan hadir dan turut bersama masyarakat Ngrambe mendeklarasikan ODF Masyarakat Ngrambe  di Gedung Pertemuan Kecamatan Ngrambe Hari Kamis (05/06). Lain dari biasanya, ODF Ngrambe kali ini memiliki kesan khusus karena turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dr. H. Harsono (Mantan Bupati Ngawi).

Bupati, mengawali sambutannya, memberikan apresiasi atas segala upaya yang telah dilaksanakan oleh Masyarakat Kecamatan Ngrambe dalam mewujudkan keberhasilan ODF ini. Selain itu, beliau menyampaikan tentang betapa pentingnya kesehatan (masyarakat).  “Karena itu pelayanan kesehatan untuk masyarakat juga harus juga mendapatkan perhatian yang serius” demikian sambung beliau. Beliau berharap agar ada upaya mewujudkan Puskesmas saat ini (PKM Ngrambe, red) menjadi rumah sakit agar cakupan pelayanan menjadi semakin besar dan sekaligus turut menyukseskan pemanfaatan program jaminan kesehatan (BPJS, red). Masyarakat akhirnya mendapatkan kemudahan dan juga mendapatkan layanan kesehatan yang berkeadilan. Bupati kemudian mendeklarasikan Kecamatan Ngrambe sebagai Kecamatan ODF.

DSC0014-ODF

“Ngawi ini sungguh luar biasa”  kata dr. H. Harsono Kadinkes Prov. Jatim mengawali sambutannya yang serentak dibalas dengan tepuk tangan hadirin.  “Indikator kesehatan Kabupaten Ngawi selama kurun 5 tahun terakhir ini menunjukkan pencapaian yang luar biasa” sambungnya. Beliau memuji Bupati Ngawi sekarang memahami benar masalah kesehatan, sangat peduli dan turut terlibat aktif dalam mengatasinya.  “Seperti STBM ini contohnya” sambung dr. H. Harsono. Menurut beliau STBM atau Sanitasi Total Berbasis Masyarakat merupakan suatu kriteria yang penting untuk diwujudkan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Poster Deklarasi ODF Masyarakat Ngrambe oleh Ir. H. Budi Sulistyono Bupati Ngawi bersama dr. H. Harsono Kepala Dinas Kesehatan Prov. Jatim.

Dua kecamatan telah mendeklarasikan ODF, 17 yang lain segera menyusul. Siap !!

Sebar dan Bagikan :

Shares