Angka Penderita DBD Di Jatim Turun 82%

di %s Berita/Informasi 594 views
Banner

Hingga November 2011, terjadi penurunan angka penderita penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Jawa Timur. Menurut data yang dilaporkan Dinas Kesehatan Jawa Timur, terdapat penurunan yang cukup drastis pada periode Januari-November 2011 dibanding periode yang sama tahun 2010. Penurunan itu mencapai 82 persen, yaitu dari 25.383 penderita menjadi 4.615 penderita.

Selain itu, jumlah kematian akibat DBD juga menurun sebesar 74 persen selama periode Januari-November 2011 bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2010, yaitu dari 221 kematian menurun menjadi 57 kematian. “Namun apabila dilihat rate nya, yaitu angka kematian (CFR) DBD meningkat dari 0,87 persen menjadi 1,24 persen,” ujar Drs Mudjib Afan yang saat itu menjabat sebagai Kadis Kesehatan Jatim dalam laporan tentang perkembangan DBD pada Kominfo Jatim.
Selama periode itu, seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur jumlah penderita DBD menurun jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2010. Berdasarkan analisis data selama 3 tahun terakhir, peningkatan jumlah penderita DBD terjadi pada bulan November-Desember bersamaan dengan datangnya musim hujan.
Angka ini, menurut Mudjib, harus terus diturunkan agar tidak terjadi lagi peningkatan jumlah penderita dan kematian akibat DBD. Dinkes Jatim sudah melakukan upaya, antara lain mengirimkan SK Guebrnur Jatim kepada seluruh kabupaten/kota terkait kewaspadaan dini KLB DBD.
Selain itu melakukan supervise pendampingan bersama Tim Pakar DBD dari RSU Dr Soetomo Surabaya tentang tatalaksana DBD ke kabupaten/kota dengan angka kematian DBD tinggi. Termasuk koordinasi lintas sektor terkait peningkatan Gerakan Masyarakat dalam PSN DBD dengan melakukan pertemuan sosialisasi dan memfasilitasi pembentukan desa percontohan PSN DBD.
Dinkes juga mempersiapkan logistic pemberantasan jentik atau nyamuk penular DBD dan Rapid Diagnostik Test (RDT) untuk penegakan diagnose DBD yang akan didistribusikan bila kabupaten/kota membutuhkan (jatimprov.go.id)

Sebar dan Bagikan :

Shares